Ekskul Panahan SMK Mutu

Memanah adalah salah satu olah raga dengan banyak hikmah dan salah satu sunah Rasul.

“Ajarkanlah anakmu berenang, memanah, berkuda.” ( HR.Muslim)

Olah raga panahan membutuhkan sentuhan jiwa yg halus, kesabaran, keuletan, konsentrasi dan ketahanan mental yg tinggi serta. Sehingga unsur2 tubuh seperti postur tubuh, teknis dasar, mekanisme gerak, mentalitas dan kondisi fisik sebagai sebuah kesatuan yg harua dimiliki seorang Pemanah. Karena memanah bukan sekedar menarik dan melepaskan panah.

 

Nilai-nilai dasar belajar memanah :
1. Calm / Tenang
2. Focus / Fokus atau ko sentrasi
3. Brave / Berani cepat ambil keputusan
4. Win / bermental pemenang

 

Memanah bisa diajarkan mulai sejak Dini, karena dengan belajar sejak Dini dapat memudahkan untuk pembentukan dan manfaatnya lebih maksimal.

Panahan melatih seorang untuk menepis semua pengalih perhatian, distraction. Baik itu bersifat visual, suara, bahkan mental. Pemanah berlatih fokus menjaga proses menembak yang dimulai dari sikap tubuh yang benar sampai melepas anak panah. Karena sedikit saja perubahan pada proses tersebut, maka hasil tembakan akan berubah.

Latihan konsentrasi dalam panahan membantu kita agar bisa fokus di luar lapangan panahan; di sekolah, di tempat kerja, di rumah, di jalan raya, dan tempat lainnya.

Seorang pemanah dapat memiliki tubuh yang kuat. Terutama pada lengan, inti tubuh, tangan, dada dan pundak. Hal ini diperoleh dengan latihan menarik tali busur secara tepat.

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *