MENGAPA JERMAN MENERIMA PENGUNGSI SURIAH

Fenomena pengungsi Suriah dalam sepekan terakhir yang membanjiri Eropa terasa sangat ironis. Jerman menjadi negara yang mengizinkan ratusan ribu pengungsi Suriah masuk ke negaranya dalam waktu kurang lebih sebulan tanpa pengecualian dan hambatan sama sekali.

Pemerintah Jerman beserta warganya telah membuktikan pada dunia bahwa solidaritas kemanusiaan global itu tak terbentur agama, apalagi ras.

Sepakbola di Jerman juga demikian, disulut oleh tradisi tim nasionalnya, dengan bersuka cita mereka membawa spanduk besar dengan tulisan ” SELAMAT DATANG PENGUNGSI ”. Sejak satu dekade terakhir, timnas Der Panzer diisi oleh wajah-wajah imigran. Ambil contoh Sami Khedira (Tunisia), Mesut Oezil (Turki), atau duo Lukas Podolski dan Miroslav Klose (Polandia). Para pemain bintang sepakbola Jerman itu semuanya dari keluarga imigran.

Lantas apakah yang menjadi alasan mengapa Jerman menerima para pengungsi ?

  1. Pengalaman Jerman di masa lalu

Seperti yang dikutip dari komentar Berthold Damshauser oleh BBC, pemerhati masalah sosial di Bonn. Penerimaan secara terbuka masyarakat Jerman ini kemungkinan didasari oleh pengalaman warga Jerman di masa lalu yang pernah terjebak dalam konflik besar Perang Dunia ke II. Kala itu Jerman kalah Perang Dunia II dan imbasnya jutaan warga Jerman terkatung-katung menjadi pengungsi dan akhirnya terpaksa meninggalkan rumah, kota, dan negara mereka yang hancur karena perang.

ini kemungkinan didasari oleh pengalaman warga Jerman di masa lalu yang pernah terjebak dalam konflik besar Perang Dunia ke II. Kala itu Jerman kalah Perang Dunia II dan imbasnya jutaan warga Jerman terkatung-katung menjadi pengungsi dan akhirnya terpaksa meninggalkan rumah, kota, dan negara mereka yang hancur karena perang.

 

  1. Rasa kemanusiaan warga Jerman tinggi

Masih dikutip dari Damshauser,  Ia menyebutkan alasan lainnya adalah karena rasa kemanusiaan masyarakat Jerman itu begitu tinggi. Nampak jelas ada sebuah nilai empati besar yang dicerminkan warga Jerman terhadap orang-orang yang menderita dari Suriah ini.

  1. Ekonomi Jerman sedang berada dalam kondisi yang baik

 

Seperti juga dilansir CNN, Jerman menjadi tujuan favorit karena tiga pilar penting negara Jerman yaitu demokrasi kuat, sejarah panjang penerimaan imigran, dan stabilitas ekonomi. Belum lama ini, pemerintah Jerman memutuskan untuk menggelontorkan anggaran tambahan sebesar 3 miliar euro untuk negara bagian dan kota-kota dalam mengatasi pengungsi.

Bahkan diprediksi Jerman akan mengeluarkan biaya bagi para pengungsi sebesar 25 miliar euro atau setara dengan Rp. 400 triliun untuk satu sampai dua tahun mendatang.(MR)

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *